BERBEDA HASIL, BERBEDA TUJUAN
|
|
|
|
|
Piramida disamping
merupakan ilustrasi teori Abraham Maslow, pada buku berjudul A Theory of Human Motivation, 1943.
Motivasi masing-masing manusia berbeda-beda.Ada yang berkeras meraih
harapannya,ada yang ingin populer,ada juga yang sudah merasa sudah cukup
walau hanya bisa makan dan hidup sederhana.Tidak se- |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
mua manusia mencapai tingkat tertinggi dalam piramida diatas.
Untuk lebih jelasnya, berikut diuraikan secara singkat. |
Kebutuhan Fisiologis |
|
|
|
|
|
Kebutuhan fisioligis
sebagai kebutuhan dasar manusia atau yang bersifat naluriah dan |
kodrati, anatara lain
pangan, sandang, papan dan seks. |
Kebutuhan Keamanan |
|
|
|
|
|
Saat kebutuhan
fisiologis tercukupi, kebutuhan keamanan mulai menuntut seperti rasa |
aman pada pekerjaan (pekerjaan berstatus tetap), keluarga
terjamin perlindungannya, se- |
hat, kelayakan rumah dan berada dilingkungan yang baik
akhlaknya, berpendidikan. |
Kebutuhan Kasih Sayang |
Tuntutan
selanjutnya adalah kebutuhan kasih sayang untuk menghadapi keterasingan, ke |
sepian. Kebutuhan ini melibatkan kedua pihak dan menerima
kasih sayang dan menciptakan |
rasa memiliki.
Kebutuhan
Harga Diri |
|
|
|
|
|
Saat ketiga level sebelumnya sudah
terpenuhi, kebutuhan ini akan menjadi dominan. |
Manusia membutuhkan
kebutuhan untuk tegas pada apa yang dipilihnya. Saat itulah, ma- |
nusia membutuhkan
rasa dihargai dan dihormati akan pilihannya. Ketika kebutuhan ini ter- |
penuhi, , orang
merasa percaya diri dan berharga. Ketika tidak terpenuhi, orang merasa |
rendah, lemah, tak berdaya dan tidak
berharga. |
Kebutuhan Berkarya |
|
|
|
|
|
Kebutuhan ini dapat digambarkan seperti
contohnya seorang yang berkemampuan di lis- |
trik, orang tersebut
akan puas jika memiliki pekerjaan sesuai bidangnya. |
Teori ini, memiliki
manfaat antara lain untuk mengajarkan bahwa hidup ini berharga, bahwa ada
sukacita yang harus dialami dalam kehidupan, dan jika orang yang terbuka
untuk melihat yang baik dan buruk dalam semua jenis situasi, itu membantu
hidup menjadi bijak dan layak. Ini membantu dalam penemuan nasib dan takdir
misalnya pada penemuan karier yang tepat dan pasangan yang tepat. Kita harus
menerima segala tipe orang dan mengenal diri sendiri maupun satu sama lain.
Dengan pengetahuan, kita bisa tahu bakat dan keterbatasan diri sendiri. Kita
bisa tahu apa yang harus dibangun, potensi apa yang ada dan bisa
dikembangkan. Kita bisa mengajarkan akan kontrol diri yang baik, meninggalkan
yang buruk dan melakukan yang bermanfaat. Dibutuhkan kontrol untuk
meningkatkan kualitas hidup di semua daerah. Kita juga bisa mengajarkan agar
menjadi pemilih yang baik. |
Setiap manusia memiliki potensi.
Kesuksesan masing-masing orang berbeda. Kita tidak |
bisa
membuat ukuran mutlak akan kesuksesan, misalnya sudah memiliki rumah, mobil, |
|
selalu
rangking 1, dll. Ukuran kesuksesan terletak pada perbandingan antara keadaan
masa |
lalu
dengan usaha-usaha dimasa sekarang untuk masa depan. Namun, manusia diberi |
|
pikiran
untuk memiliki kebebasan kehendaknya. Ada yang cukup puas dengan level
piramida |
terbawah,
ada yang di tengah dan ada pula yang harus sampai di level tertinggi. Yang
pasti, |
yang
mampu dilevel tertinggi, lebih besar kemungkinan untuk menjadi panutan dan
sebagai |
teladan.
Karena, jika untuk memenuhi kebutuhan level pertama saja sudah
bermalas-malas, |
tidak
mungkin juga akan mencapai level kedua, dst. Semakin banyak level yang
tertinggal, |
semakin
kacaulah kehidupannya dan gelisah akan banyaknya keterbatasan. Maka, hal ter- |
penting
adalah keberanian menaklukkan keterbatasan. Semakin berani, pasti tinggi
tujuan- |
nya
dan besar hasilnya." Kalo rejeki, emang kagak
kemane. Tapi kalo loe kagak kemane- |
|
kemane,
gimane loe dapet rejeki. Hehehe….." (Benyamin S.) |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Comments
Post a Comment