tetik), dan sebagainya. Sayangnya, sejak masa anak-anak pun,
kecerdasan yang diasah hanya fokus
pada
nalar dan logika, kecerdasan lainnya TIDAK DIBERI TEMPAT sehingga anak-anak
cenderung |
menjadi nakal karena
depresi akan harga dirinya yang direndahkan sekitarnya dan dianggap bodoh |
jika tidak pandai di
logika dan menalar. Begitu banyak dampak dari ketimpangan tersebut termasuk |
ketidaksusesan
anak-anak anda kelak yang berefek panjang semisal, bagaimana masa depannya, |
bagaimana
kesejahteraan kehidupannya kelak saat sudah berkeluarga, bagaimana tingkat
stres dan |
pengaruh ke
kepribadiannya, dsb. Mari kita bercermin pada diri kita sendiri sebagai
pribadi orang |
dewasa, Apakah kita
bahagia dengan pekerjaan kita? Apakah kita sanggup optimal di pekerjaan |
kita? Sering
dihinggapi rasa bosan saat bekerja? Tidak bergairah selain mengingat tanggal
muda? |
Takut pada atasan
hanya saat atasan berada didekat kita? Sudah banyak contoh orang yang hanya |
jalan ditempat pada
pekerjaannya, contohnya, seseorang yang berpotensi pada kinestetik yang |
bekerja sebagai staf
Adminstrasi, kenaikan derajatnya hanya menunggu pada keberuntungannya |
atau menunggu
giliran saat sudah menjadi senior, bukan karena usahanya sendiri.
Sesungguhnya, |
orang seperti contoh
tersebut akan lebih puas, bahagia dan bersemangat jika pekerjannya mengha-\ |
ruskannya
mondar-mandir seperti seorang Guide Wisata, Trainer Outbond dan Olahraga,
Manajer. |
Operasional, dsb.
Banyak cara untuk mengembangkan sudut pandang kita akan kesempatan yang |
ada di kehidupan
ini. Sukseskan anak Anda sesuai potensinya, mulai sejak dini melalui
pengemba- |
ngan hobinya dan
program-program pengembangan diri lainnya. |
Kecerdasan
Linguistik ("word smart") |
Mudah mengutarakan
isi pikiran/idenya/perasaannya, bisa mempengaruhi orang lain dengan baha- |
sanya, cara bicara
lugas, mudah memahami maksud perkataan orang lain, jika menjelaskan sesuatu |
mudah dipahami,
berbakat dan suka pada dunia "kata", suka membaca, menulis,
berkemampuan |
mengajar/menjelaskan,
suka mengkoleksi bacaan, suka belajar bahasa (hingga beberapa bahasa |
asing). Karir yang
cocok: Guru, Penulis, Editor, Politisi, Wartawan, Penyiar, Humas,
Aktor/Aktris. |
Kecerdasan
Logika-Matematis ("number smart") |
Selalu membutuhkan
fakta dan penjelasan sebab akibat yang detil untuk bisa percaya, suka pada |
dunia
"angka", mampu memikirkan hal-hal yang tidak bisa dilihat (contoh:
memahami peredaran |
darah didalam
nadi), suka pada
penyelidikan-pembuktian, cara berpikir ilmiah-terinci. Karir yang |
cocok: Ilmuwan, Ahli
Matematika, Pengacara, Dokter, Akuntan, Staf Administrasi, Programmer, Pe- |
neliti, Ahli
Keuangan. |
Kecerdasan
Spasial-Visual ("picture
smart") |
Mampu menciptakan
idenya berupa gambar, suka pada dunia "3 Dimensi", sering
berimajinasi, su- |
ka memperhatikan
garis-bentuk-warna, bisa menciptakan gambar yang unik, suka menggambar- |
melukis, lebih mudah
memahami peta daripada bertanya saat tersesat dijalan, daya fokus
tinggi, |
mudah menyelesaikan
rangkaian puzzle, suka geometri, suka bacaan yang bergambar. Karir yang
cocok:
Desainer Grafis, Desainer Fashion, Dekorator Interior Rumah, Fotografer,
Seniman-Pelukis, |
Teknisi, Arsitek. |
Kecerdasan
Kinestetik-Fisik ("body
smart") |
Suka bergerak, suka
mengekspresikan isi pikiran/perasaan dengan gerakan, gerakan badan gemu- |
lai, suka
memperhatikan gerakan badan yang harus teratur dan gerak cepat, suka pada
dunia "olah- |
raga/tari",
mudah memahami melalui praktek, cenderung memegang daripada melihat saat mem- |
perhatikan sesuatu,
suka aktivitas diluar ruangan, tangan selalu bergerak, tidak bisa duduk
tenang. |
Karir yang cocok:
Atlet, Penari, Mekanik, Perajin Kerajinan Tangan, Kontraktor, Pemadam Kebaka- |
ran. |
Kecerdasan
Musik-Ritmis ("music smart") |
Suka menciptakan
nada saat suasana hati buruk maupun bahagia, tanggap dengan pola nada, peka |
dengan tempo dan
ritme musik, mudah mengingat dengan menggunakan musik, sering bernyanyi. |
Karir yang cocok:
Produser Musik, Penulis dan Pencipta Lagu, Komposer, Penyanyi, Pemusik. |
Kecerdasan
Interpersonal-Hubungan Dengan Orang Lain
("people smart") |
Mampu menyampaikan
informasi kepada orang lain dengan jelas, mudah memahami perasaan |
orang lain, mampu
menjadi pemula untuk membentuk hubungan antar orang, bagus dalam bekerja |
sama tim, punya
banyak teman, pandai berinteraksi dan bertukar pikiran serta perasaan dengan |
orang lain, terbuka,
suka kegiatan sosial. Karir yang cocok: Duta Besar/ Diplomat, Manajer,
Politisi, |
Ustadz, Konsultan,
Resepsionis, Marketer, Pengasuh Anak. |
Kecerdasan
Intrapersonal-Memahami Diri Sendiri
("self smart") |
Tahu akan maksud
hati dan isi pikirannya sendiri, mampu menata diri sendiri
(emosi,minat,tujuan), |
konsentrasi tinggi,
sadar akan kelebihan dan kekurangannya, mudah bercermin akan kesalahan dan |
kebenarannya,
intuitif (alam bawah sadarnya kuat, mampu memahami tanpa menalar dan
berpikir- |
misalnya langsung
tergerak membaca suatu buku yang memang ternyata isi bukunya adalah jawab- |
an dari apa yang
dicarinya-tanpa menyeleksi buku satu persatu, seolah-olah ada bisikan dari
dunia |
luar jiwanya yang
berbisik), tidak mudah membagi maksud hati dan isi pikirannya kepada orang |
lain, suka
beraktivitas sendiri, sanggup mengontrol diri sendiri, filosofis,
perfeksionis, suka dengan |
kebebasan diri
sendiri, sering memikirkan sesuatu dan bercermin. Karir yang cocok:
Psikiater, Ahli |
Filsafat, Penulis,
Ulama', Staf HRD, Sekretaris, Asisten Direktur. |
Kecerdasan Natural
("nature smart") |
Pandai memahami alam
sekitar, tahu apa yang harus dilakukan dan yang dibutuhkan alam, suka |
merawat alam dan
hewan, cepat dalam memilah/ mengelompokkan sesuatu, suka dengan keinda- |
han alam, pencinta alam (mendaki, memanjat, berjalan), peka
dengan siklus cuaca dan iklim terkait |
pengaruhnya pada kehidupan manusia. Karir yang cocok:
Konservator/Pelindung Alam (kebun, hu-
tan, sawah), Pengusaha Hasil Alam dan Hewan (Perkebunan,
Peternakan, Kelautan), Ilmuwan. |
|
|
|
Comments
Post a Comment